Business Model Canvas
2. Metode ATM (Amati Tiru Modifikasi)
Business Model Canvas adalah suatu strategi manajemen
yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi
nilai perusahaan, produk, infrastruktur,pelanggan, dan keuangan. Pertama kali diciptakan
oleh Alexander Osterwalder padatahun 2005.
Tujuan
Pembuatan Business Model Canvas
Pembuatan Business Model ini bertujuan untuk membantu perusahaan merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan serta memvalidasi poin penting dalam bisnis seperti; sumber daya, aktivitas, hubungan yang akan dijalin dengan pihak terkait, pendapatan, hingga pengeluaran yang harus dikeluarkan.
Value
Proposition adalah nilai tambah yang akan membuat bisnis anda terlihat menarik
dan berbeda dengan bisnis lainnya,biasanya solusi atau inovasi.
Media yang bisnis anda gunakan untuk menyampaikan solusi yang ditawarkan kepada agar sampai kepada target market.
Customer Segment
Customer
Segment adalah target individu atau kelompok yang ingin digapai dalam bisnis
yang akan dijalankan
Customer Relationship
Bagaimana menjaga hubungan baik dengan pelanggan supaya terus bisa
“keep-in-touch”
Revenue Stream
Apa dan darimana saja potensi pemasukan dari bisnis yang anda jalankan ?
Aktivitas
apa saja dan Bagaimana Cara untuk Menciptakan Value
Proposition Perusahaan dan keuntungan Perusahaan
Key Partnership
Adalah mitra yang diajak bekerjasama perusahaan untuk membantu mencapai target
perusahaan
Key Resources
Adalah sebuah aset kunci perusahaan bisa beupa bahan baku,
infrastruktur,Karyawan dan lainnya
Cost Structure
Biaya
biaya apa saja yang mungkin dikeluarkan oleh perusahaan
Comments
Post a Comment