Business Model Canvas

Business Model Canvas

  Mendapatkan Ide Usaha Atau Ide Pengembangan Usaha

 1.      Masalah Sekitar

2.      Metode ATM (Amati Tiru Modifikasi)


Business Model Canvas adalah suatu strategi manajemen yang digunakan untuk merancang perencanaan bisnis perusahaan berdasarkan proposisi nilai perusahaan, produk, infrastruktur,pelanggan, dan keuangan. Pertama kali diciptakan oleh Alexander Osterwalder padatahun 2005.

 

Tujuan Pembuatan Business Model Canvas

Pembuatan Business Model ini bertujuan untuk membantu perusahaan merancang perencanaan proses bisnis dan menetapkan serta memvalidasi poin penting dalam bisnis seperti; sumber daya, aktivitas, hubungan yang akan dijalin dengan pihak terkait, pendapatan, hingga pengeluaran yang harus dikeluarkan.

 

Value Proposition adalah nilai tambah yang akan membuat bisnis anda terlihat menarik dan berbeda dengan bisnis lainnya,biasanya solusi atau inovasi.

 

 Channel

 Media yang bisnis anda gunakan untuk menyampaikan solusi yang ditawarkan kepada agar sampai kepada target market.

 Customer Segment

Customer Segment adalah target individu atau kelompok yang ingin digapai dalam bisnis yang akan dijalankan

Customer Relationship

Bagaimana menjaga hubungan baik dengan pelanggan supaya terus bisa “keep-in-touch”

Revenue Stream

Apa dan darimana saja potensi pemasukan dari bisnis yang anda jalankan ?

 

 Key Activities

Aktivitas apa saja dan Bagaimana Cara untuk Menciptakan Value Proposition Perusahaan dan keuntungan Perusahaan

 Key Partnership

Adalah mitra yang diajak bekerjasama perusahaan untuk membantu mencapai target perusahaan

 Key Resources

Adalah sebuah aset kunci perusahaan bisa beupa bahan baku, infrastruktur,Karyawan dan lainnya

 Cost Structure

Biaya biaya apa saja yang mungkin dikeluarkan oleh perusahaan




 











Comments